Minggu, 10 Juli 2011

Senen, Jakarta Pusat

Kecamatan Senen terletak di Jakarta Pusat. Kecamatan ini dinamakan menurut Pasar Senen. Di kecamatan ini terletak Stasiun Pasar Senen.

Sejarah


Sejarah Senen diawali dengan dibukanya Pasar Senen oleh Justinus Vinck pada tahun 1733. Selain Pasar Senen, Vinck juga membuka Pasar Tanah Abang. Dua tahun berikutnya ia menghubungkan kedua pasar tersebut dengan sebuah jalan, yang sekarang disebut Jl. Prapatan dan Jl. Kebon Sirih yang juga merupakan jalur penghubung timur-barat pertama di Jakarta Pusat kini.

Setelah zaman kemerdekaan hingga tahun 1975, Senen menjadi pusat perdagangan terkemuka di Jakarta. Gelanggang Remaja Senen yang juga terkenal dengan Planet Senen, merupakan tempat para seniman ibu kota mengembangkan bakat-bakat mereka. Djamaludin Malik, Benyamin Sueb, Bing Slamet, dan Misbach Yusa Biran merupakan seniman yang besar di sini. Pada tahun 1974 terjadi tragedi Malari yang memporakporandakan Pasar Senen. Mahasiswa pada saat itu, marah atas kebijakan ekonomi Indonesia yang bergantung pada Jepang. Dan Pasar Senen merupakan simbol dari penjualan produk-produk Jepang.

Pusat Perdagangan Ibu Kota

Setelah kemerdekaan hingga tahun 1975, Senen merupakan pusat perdagangan kota Jakarta. Pusat perdagangan Senen atau proyek Senen dibangun pada masa pemerintahan Ali Sadikin sekitar tahun 1960-1970. Pembangunan proyek Senen diikuti dengan pasar inpres dan terminal Senen. Melengkapi proyek Senen, di tahun 1990 dibangun pula super blok modern, Atrium Senen. Atrium Senen diisi sejumlah tenant internasional, seperti Yaohan dan Mark & Spencer, yang pada akhirnya menarik diri karena krisis ekonomi.

Selain proyek Senen dan Atrium Senen, Senen makin dipadati oleh pedagang informal atau biasa disebut dengan pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan disepanjang jalan Kramat dan Kwitang. Jika di sisi jalan Kramat dipenuhi oleh pedagang-pedagang Minangkabau yang menjual aneka penganan, maka jalan Kwitang merupakan bursa buku terbesar di Jakarta. Selain di kedua ruas jalan tersebut, di sisi stasiun Pasar Senen yakni kawasan Poncol Senen juga banyak PKL yang menjual barang-barang bekas atau barang-barang selundupan.

Daftar Kelurahan

  1. Senen, Senen dengan kode pos 10410
  2. Kwitang, Senen dengan kode pos 10420
  3. Kenari, Senen dengan kode pos 10430
  4. Paseban, Senen dengan kode pos 10440
  5. Kramat, Senen dengan kode pos 10450
  6. Bungur, Senen dengan kode pos 10460

Tidak ada komentar:

Posting Komentar